https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcT8L-sJcbbcjqFgO4-INk_0fzRTlLsvRmc66Y3QfdsRioU_4rNrQw

Apa Manfaat Taman Kanak-Kanak ?

Selasa, 22 April 20140 komentar


Para pembaca dan para penikmat ilmu, penulis kali ini akan mengakat tentang  Taman Kanak-Kanak, perlukah TK? nah.. sedikit jawabanya penulis menemukannya di sebuah buku terbitan lama jadi, untuk update ilmunya silahkan mencari literatur yang baru, kurang lebih manfaat TK sebagai berikut :

Manfaat TK itu dilihat dari tujuan Frobel mendirikan Kindergarten, Frobel? siapa ia? ia adalah salah seorang tokoh terbesar dalam dunia pendidikan yang memplopori perbaikan dan pelaksanaan dalam cinta kasih sayang terhadap anak-anak . F.W.A. Frobel, ahlo didik bangsa jerman disebut juga bapak taman kanak-kanak. langsung ke tujuanya ialah :
  1. Memberikan Pendidikan yang lengkap kepada anak-anak (kurang lebih 3-6 tahun) sesuai dengan perkembangannya yang wajar, karena pendidikan di rumah tidak mencukupi sama sekali.
  2. Memberi pertolongan dan bimbingan kepada para ibu dalam mendidik anak-anaknya. Kebanyakan ibu pada umumnya sekarang kurang mempunyai waktu yang cukup untuk bergaul dan bermain-main dengan anak-anaknya dengan berbagai sebab.
  3. Mendidik dan menyiapkan para calon ibu dalam teori dan praktik untuk menjadi pemimpin Kondergarten dan untuk tugasnya sebagai ibu di kemudian hari.
Untuk memperluas pengertianya, lebih lanjut manfaat dan keuntungan-keuntungan dengan adanya TK antara lain :

  1. Keuntungan Sosiologi, Pada umumnya kita mengetahui bahwa anak-anak yang dimasukan ke TK adalah anak-anak di bawah umur 6 thn. Anak seumur itu biasanya sedang mengalami perkembangan yang sangat menyulitkan orang tua, masa egosentrisnya suatu masa ketika anak memandang bahwa segala sesuatu yang ada disekitarnya adalah untuknya, kepunyaanya, dan harus tunduk dan menurut kepadanya belum lenyap, perasaan sosialnya boleh dikatakan belum tumbuh. dengan adanya TK membantu meringankan beban orang tua, terutama dalam cara-cara menididik anak-anaknya, disamping itu orang tua dapat memperoleh pengetahuan dan dapat meniru atau menuruti petunjuk-petunjuk bagaimana cara-cara yang dilakukan atau dianjurkan oleh guru-guru TK dalam mendidik anak-anaknya.
  2. Keuntungan Psikologis, dilihat dari sudut perkembangan anka, anak-anak sebelum masuk SD sedang mengalami masa egosentris, Sifat dan tingkah laku anak itu sering menyusahkan anggota-anggota keluarganya. perasaan sosialnya masih sempi sekali, apalagi anak-anak yang manja, mungkin anak yang demikian mempunyai sifat-sifat pemalu dan penakut, tidak berani bergaul dengan anak-anak lain, selalu berada "disamping ibunya dan kurang mendapat kesempatan bermain sehingga mungkin mengakibatkan pertumbuhan jasmani dan rohanina menjadi terhambat. juga banyaj anak yang mengalami perkembangan yang kurang baik akibat kurang pemeliharaan dan kura perhatian dari orang tuanya yang selalu sibuk dengan perjuangan hidupnya yang berat itu. Lain dengan anak-anak yang dimasukan ke TK, anak-anak tersebut mulai belajar bergaul dengan anak-anak lain,  bermain bersama-sama, pergi dan pulang bersama, dll. sehingga perasaan sosial anak itu mulai dilatih. demikian pula di TK anak-anak belajar bernyanyi bersama-sama, bergerak badan bersama, belajar bercakap-cakap, dan sebagianya. anak mulai belajar berlaku sopan-santun, berbicara baik, tolong menolong,semua itu berguna sekali untuk perkembangan anak. 
     Perkembangan tubuh dan fungsi-fungsi jiwa tersebut membantu anak-anak dalam pertumbuhanya ke arah suatu masa yang penting, yang di sebut matang untuk bersekolah.

Sumber :
Drs.M.Ngalim Purwanto, MP
Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis
Rosdakarya Bandung (1984)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. RA Raudlatul Iman - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger